Table of Content

10 Daftar Barang atau Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Haji

     
Alisyahumroh - Melaksanakan ibadah haji dalam waktu yang lama, tentunya kamu harus mempersiapkan barang yang akan dibawa agar ibadah haji tidak terhambat karena ada barang yang lupa untuk dibawa. 

Terlebih barang bawaan jamaah haji, terdapat beberapa barang yang memang harus atau wajjib ada, karena merupakan perlengkapan utama untuk melaksanakan ibada haji Kamu.

Selain beberapa bagian barang atau perlengkapan yang wajib, ada juga beberapa perlengkapan yang sebaiknya masuk ke daftar list rencana barang bawaan Kamu. Lantas, apa sajakah peralatan atau barang yang wajib dibawa tersebut? Yuk simak ulasan daftar perlengkapan yang harus dibawa saat melaksanakan ibadah haji.

Dokumen Pribadi


Kamu harus sediakan tempat khusus untuk memasukkan dokumen pribadi, seperti berkas paspor, buku panduan haji, buku kesehatan, buku setor warna biru, dan SPMA (Surat Panggilan Masuk Asrama). 

Tas Kabin atau Ransel


Selain membawa koper yang berisi perlengkapan haji, kamu mungkin juga perlu tas kabin atau ransel untuk membawa barang khusus pribadi. Misalnya berisi obat, alquran, perlengkapan ibadah, karet, kantung plastik, masker, peniti, gelang dan lain sebagainya. 

Selain itu kamu juga bisa membawa beberapa perlengkapan keperluan mandi, suplemen, camilan, alat komunikasi bila diperbolehkan. 

Pakaian Ibadah Haji


Bawa baju ihram 2 set, non ihram baju bagian atas 3 buah, 3 buah celana atau rok panjang, jaket untuk mengantisipasi cuaca dingin dimalam hari, hijang panjang, baju tidur, pakaian dalam 6 stel, kaos kaki 3 pasang, pembalut, disposable panties (sesuai kebutuhan), pantyliners (sesuai kebutuhan) dst. 

Sajadah Travel yang Kecil


Membawa sajadah travel ada manfaatnya juga untuk bepergian, terlebih untuk ibadah haji. Sajadah memastikan kita dapat melaksanakan ibadah darurat kapan saja dan dimana saja. Selain itu menjadi lebih nyaman karena ada alas ketika lantai dingin, panas, berkerikil, atau berdebu. 

Sabuk Ihram


Sabuk ihram akan membuat baju ihram tidak bergeser atau tersingkap. Sabuk ini juga dilengkapi dengan kantung untuk menyimpan uang dan benda berharga agar lebih aman. Benda satu ini tentunya nyaman dibawa ke mana-mana saat Anda sedang beribadah.

Kotak P3K untuk Travel


Ada baiknya membawa peralatan P3k untuk pribadi dan obat yang diresepkan khusus untuk Anda. Peralatan keselamatan ini juga benda yang penting bagi kamu butuhkan untk situasi darurat. 

Buku Catatan atau Jurnal


Kamu perlu membawa daftar atau list jadwal untuk menuliskan beberapa bagian penting selama melaksanakan ibadah haji. Kamu juga dapat menuliskan beberapa pengalaman, rasa syukur, dan doa. Membawa jurnal untuk mencatat informasi penting seperti kontak grup, kontak panitia, nama hotel, atau jadwal tur. 

Bantal Kecil Traveling


Bagi kamu yang tidak biasa melakukan perjalanan jauh, duduk di pesawat, bis, kereta api, ada baiknya untuk membawa bantal kecil traveling untuk menjaga leher agar dalam kondisi prima. Karena jika cidera karena tidur, mungkin saja dapat mempengaruhi perjalanan haji dan umrohmu. Selain itu bantal leher juga dapat digunakan untuk tidur dalam perjalanan atau bersantai sejenak. 

Payung Lipat


Benda seperti payung mungkin terlihat sepele, namun ada fungsi untuk melindungi kita dari teriknya sinar matahari yang berlebih. Mungkin kamu yang tidak terbiasa terpapar sinar matahari, badan akan merasa drop (bisa dehidrasi atau demam).

Miswak


Benda ini yang dimanfaatkan untuk membersihkan sela-sela gigi. Dengan membawa benda ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan gigi sebelum mengambil wudhu.

Demikian sebagian daftar barang atau perlengkapan yang harus dibawa saat haji. Mungkin beberapa daftar diatas lupa untuk memasukkannya ke dalam daftwar barang yang harus dibawa saat perjalanan ibadah haji.